Subhanallah....!!! Inilah Al Qur'an Terbesar Di Solo Pernah Di Tawar Senilai Rp.1,2 Milyar, Butuh 3 orang untuk membukanya


Sebuah Alquran memiliki ukuran besar yaitu panjang 2 mtr., lebar 1, 2 mtr. dan tebal 20 sentimeter, disimpan di pondok pesantren (Ponpes) Ta'mirul Islam, Kampung Tegalsari RT 02 RW 01, Kelurahan Bumi, Laweyan, Solo. Tidak cuma itu, Ponpes yang ada di Jalan KH Samanhudi No 33 ini dapat menyimpan satu Alquran yang lain yang mempunyai ukuran lebih kecil, yaitu panjang 1 mtr., lebar 65 sentimeter serta memiliki ketebalan 14 sentimeter.

Kitab suci umat Islam itu dibungkus kain mori di bagian luarnya itu adalah Alquran kuno. Alquran dengan sampul berbahan kulit digabung dengan kertas karton itu, disimpan rapi dirumah pengasuh Ponpes yang ada dalam satu kompleks. Kertas paling utama lembaran Alquran memiliki bahan kertas karton. Untuk membawa atau memindahkan serta buka Alquran itu diperlukan minimal 3 orang, lantaran ukurannya sangat besar dibanding Alquran biasa.

Begitu disayangkan, dalam Alquran itu tak tercantum nama penulis serta th. membuatnya. Namun Alquran kuno itu diperkirakan telah berumur beberapa ratus tahun.

 Alquran
itu murni dari tulisan tangan serta bukan hasil cetakan penertiban.

 " Alquran di Ponpes kami itu usianya begitu tua, mungkin saja telah beberapa ratus th.. Alquran itu adalah warisan keluarga serta ditugasi untuk merawatnya, " tutur Pimpinan Ponpes Ta'mirul Islam, Muhammad Ali Nahar Assyafi'i pada wartawan, Sabtu (11/6).

Menurut lelaki yang akrab disapa Abah Ali, Alquran kuno itu ditulis tangan dengan memakai tinta berwarna hitam. Sedang batas penomoran ayat dipakai warna tinta kuning keemasan. Ayat Alquran sebanyak 30 juz itu ditulis oleh satu orang. Walau kertasnya telah terlihat kusam, tetapi masih dapat dibaca dengan baik.

Dia memberikan, Alquran terbesar di Solo itu pernah ditawar oleh orang Malaysia sejumlah Rp 1, 2 miliar pada 2014. Tetapi lantaran bersejarah serta adalah warisan keluarga yang perlu dijaga, dia tak melepasnya. Abah Ali mengatakan sekarang ini di Kota Solo cuma ada satu kitab Alquran yang besarnya seukuran dengan miliknya, yaitu yang disimpan di Masjid Fatimah, Jalan Dr Radjiman.

 " Dahulu belum ada percetakan sehingga umat Islam mendokumentasikan ayat Alquran dengan kertas besar dan ditulis tangan. Alquran ini merupakan bukti penyebaran Agama Islam di Laweyan Solo, " katanya.

sumber: http://www.medianusantara.net/2016/06/subhanallah-inilah-al-quran-terbesar-di.html
Subhanallah....!!! Inilah Al Qur'an Terbesar Di Solo Pernah Di Tawar Senilai Rp.1,2 Milyar, Butuh 3 orang untuk membukanya Subhanallah....!!! Inilah Al Qur'an Terbesar Di Solo Pernah Di Tawar Senilai Rp.1,2 Milyar, Butuh 3 orang untuk membukanya Reviewed by Unknown on 02.39 Rating: 5