BERHATI-HATILAH.....!!! "BERBAHAYA" Daun Singkong Jenis Ini Mengandung Sianida, MEMATIKAN, Ini Tanda-tandanya


Sayuran daun singkong telah tak asing di telinga kita. Jenis sayuran ini dapat begitu gampang diketemukan di beberapa warung makan.

Tetapi tahukah Anda apabila ada type singkong sekalian daunnya yang memiliki kandungan sianida? Supaya aman dikonsumsi, butuh dikerjakan sebagian sistem untuk memasaknya.

Account Facebook Tri Cahya Saputra menjelaskan bagaimana seseorang tetangganya wafat dunia disangka sesudah makan daun singkong type taun.

Mulut korban keluarkan busa hingga segera dilarikan ke tempat tinggal sakit, namun nyawanya tidak tertolong.

 " Daun singkong type taun yang besar itu nyatanya mengandung toksin. Mungkin saja lantaran langkah memasak yg tidak pas atau sebab lain saya kurang tahu. Ia (korban) wafat dunia, " catat Tri di Facebook.

Tulisan itu disikapi banyaknya netizen serta lebih dari satu membetulkan kalau daun singkong type itu beracun. Beberapa pemakai Facebook bahkan juga menyampaikan apabila singkong mengandung sianida.

 " Getah singkong dari mulai kulit, buah, batang hingga daun mengandung sianida. Sapi tetangga saya juga keracunan lantaran kulit singkong, " catat account Facebook Gunawan Gundhul menyikapi tulisan itu.

Lantas, singkong seperti apakah yang butuh diwaspadai?

Dalam keadaan normal, singkong adalah sumber karbohidrat serta serat makanan walau mempunyai sedikit protein. Pada sebagian type singkong, ada senyawa yang punya potensi toksin yaitu linamarin serta lotaustralin yang termasuk juga glikosida sianogenik.

Jurnal yang diterbitkan Sentra Informasi Keracunan Nasional, Tubuh Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) menerangkan, Linamarin dengan cepat dihidrolisis jadi glukosa serta aseton sianohidrin.

Sedang lotaustralin dihidrolisis jadi sianohidrin dan glukosa.

Dibawah keadaan netral, aseton sianohidrin didekomposisi jadi aseton serta hidrogen sianida (HCN) hingga mengakibatkan keracunan untuk yang konsumsi.

Orang-orang luas mengenalnya sebagai toksin asam biru lantaran ada bercak biru pada singkong. Hingga apabila temukan warna itu, baiknya urungkan kemauan untuk konsumsi singkong.

Makin tinggi kandungan sianida, rasa singkong bakal makin pahit. Sedang singkong yang manis sedikit mengandung sianida.

Umumnya keracunan singkong lantaran sistem memasak yg tidak benar. Apabila benar-benar sangat memerlukan singkong yang mempunyai bercak biru, Anda mesti mengupas kulit serta mencucinya dengan bersih.

Potong-potong singkong serta rendam dalam air bersih yang hangat sepanjang sekian hari. Kemudian, bersihkan kembali serta masak dengan prima, baik itu di rebus, goreng maupun bakar.

Jika ada yang terlanjur keracunan, berikanlah arang aktif namun mesti sesuai sama dosis yang terdaftar dalam label paket. Apabila arang aktif tak ada, rangsang pasien untuk muntah serta selekasnya larikan ke tempat tinggal sakit. (*)

Tanda-tanda Keracunan Singkong

Umumnya pada keracunan singkong gejala bakal muncul lebih dari satu jam sesudah seorang makan singkong.

1. Gangguan saluran pencernaan seperti mual, muntah serta diare.

2. Sesak nafas dan sianosis.

3. Perasaan pusing, lemah, kesadaran mengalami penurunan serta apatis hingga koma.

4. Renjatan atau shock


Diagnosis Keracunan Singkong

Diagnosis keracunan singkong biasanya gampang ditegakkan. Umumnya orangtua atau orang yang didekatnya bercerita munculnya tanda-tanda seperti sudah dimaksud diatas sesudah pasien makan singkong.

Penyembuhan Keracunan Singkong

Penyembuhan mesti dikerjakan secepatnya. Apabila makanan diprediksikan masihlah ada didalam lambung (kurang dari 4 jam sesudah makan singkong), dikerjakan pencucian lambung atau bikin pasien muntah.

Diberikan natrium tiosulfat 30% (sebagai antidotum keracunan singkong) sejumlah 10-30 ml dengan cara intravena perlahan-lahan. Apabila sulit temukan pembuluh darah vena bisa dikerjakan venoklisis atau pemberian bisa dikerjakan dengan cara intramuskular.

Sebelumnya pemberian natrium tiosulfat (selama menyiapkan obat itu), pada pasien bisa diberikan amil nitrit dengan cara inhalasi. Langkah pemberian natrium tiosulfat adalah awal mula dengan menyuntikkan obat itu sejumlah 10 ml intra vena, lalu pasien dicubit untuk tahu apakah kesadaran telah sembuh. Apabila pasien belum sadar bisa diberikan lagi 10 ml natrium tiosulfat. Apabila muncul sianosis, bisa diberikan O2.

Prognosis Keracunan Singkong

Apabila pengobatan cepat dikerjakan, pasien bakal pulih.

Mencegah Keracunan Singkong

Untuk menghindar supaya tak keracunan singkong, janganlah mengonsumsi singkong beracun atau rendamlah singkong terlebih dulu kurun waktu lama (satu malam sebelum dimasak).

sumber: http://www.suaranetizen.com/2016/02/awas-daun-singkong-jenis-ini-mengandung.html
BERHATI-HATILAH.....!!! "BERBAHAYA" Daun Singkong Jenis Ini Mengandung Sianida, MEMATIKAN, Ini Tanda-tandanya BERHATI-HATILAH.....!!! "BERBAHAYA"  Daun Singkong Jenis Ini Mengandung Sianida, MEMATIKAN, Ini Tanda-tandanya Reviewed by Unknown on 03.08 Rating: 5