SUBHANALLAH....!!! 5 FAKTA MENARIK DI BALIK SARUNG YANG DIPAKAI PARA SANTRI,, BAGIKAN YA


Anda santri? Warga Indonesia? Pasti telah tak asing lagi dengan kain yang memiliki bermacam motif ini, sarung.

Ya, kain ini yang digunakan santri ini, telah masuk di Indonesia mulai sejak era ke XIV yang dibawa oleh para pedagang Arab dan Gujarat.

Sarung tidak hanya sama dengan agama tertentu, terutama Islam, cuma karena kain itu menempel dengan beberapa santri.

Namun, sarung telah jadi baju khas Indonesia. Pokoknya kain merupakan baju yang merambah semuanya golongan.

1. Berasal dari Yaman

Menurut catatan sejarah, sarung datang dari hanya satu negara yang berupa republik di Timur Tengah, Yaman. Di negara yang kaya rempah-rempah ini sarung di kenal dengan sebutan futah.

Sampai saat ini, beberapa santri di negara Yaman juga begitu nyaman memakainya, namun spesial untuk yang laki-laki. Kain itu juga masihlah jadi oleh-oleh khas dari negara Yaman.

2. Sebagai Simbol Keagamaan

Di Indonesia terutama, sarung sama dengan aktivitas keagamaan. Diliat dari penggunaaannya keseharian, sarung banyak dipakai oleh orang muslim pergi ke masjid untuk salat berjamaah.

Di Bali, sarung dengan corak yang khas yakni hitam serta putih atau umum dimaksud dengan poleng juga umum dipakai sebagai lambang keagamaan. Selain dipakai untuk aktivitas yang religius, kain poleng juga dipakai untuk acara-acara yang umum seperti penampilan wayang, drama, serta dramatari.

3. Jati diri di Zaman Perjuangan

Selama zaman penjajahan, sarung jadi satu diantara lambang untuk melawan penjajahan.

Para santri dengan berkelanjutan memakai sarung lantaran menginginkan tunjukkan rasa nasionalis yang tinggi terhadap negara Indonesia.

4. Memiliki Corak Bermacam Macam

Telah tak asing lagi di negara kita terkasih bahwasannya sarung memiliki beragam jenis corak. Sangat banyak corak kain sarung yang mengedar di Indonesia. Yang terkenal adalah corak Samarinda.

Tenang saja, kita tak perlu jauh-jauh pergi ke kota aslinya yang ada di Kalimantan Timur. Dikarenakan distribusi kain sarung yang bermotif Samarinda telah ada nyaris di semua Indonesia.

5. Dimodifikasi Menjadi Celana Sarung

Bukanlah satu pemandangan yang baru bila kita lihat kain sarung dimodifikasi jadi celana. Ya, di TV celana sarung ini banyak digunakan oleh ustad-ustad selebritis.

Sepertinya menggunakan celana sarung pas untuk bepergian jauh. Lantaran kita akan tidak cemas sarung yang kita gunakan itu bakal terlepas mendadak.

Nah, itu dia ulasan sekitar sarung sebagai ciri khas pakaian tradisional di bumi ibu pertiwi ini. Dan juga menjadi ciri khas para santri nusantara.

sumber: http://www.beritaislam24h.com/2016/05/5-fakta-menarik-dibalik-sarung.html
SUBHANALLAH....!!! 5 FAKTA MENARIK DI BALIK SARUNG YANG DIPAKAI PARA SANTRI,, BAGIKAN YA SUBHANALLAH....!!! 5 FAKTA MENARIK DI BALIK SARUNG YANG DIPAKAI PARA SANTRI,, BAGIKAN YA Reviewed by Unknown on 15.58 Rating: 5