KABAR VIRAL HARI INI...!!!! Tuntut Merdeka, 800.000 Warga Catalonia Penuhi Jalanan Kota Barcelona .. TOLONG BANTU SHARE KE SOSMED MU




Ratusan ribu warga Catalonia turun ke jalanan kota Barcelona serta sekitarnya menyerukan merdeka dari Spanyol. Seruan ini adalah perpanjangan dari usaha satu tahun lebih terakhir yang inginkan Catalonia memisahkan diri dari Spanyol.

Kepolisian setempat, seperti ditulis AFP, Senin (12/9/2016), memperkirakan ada sekitaran 800 ribu warga yang turut dan dalam tindakan memprotes ini. Tetapi pemerintah Spanyol yang menentang keras kemerdekaan Catalonia, menyebutkan hanya 370 ribu warga yang turut aksi ini.

Mengenakan kaos bertuliskan 'Siap', slogan pro-kemerdekaan Catalonia, warga melambaikan bendera bermotif garis-garis merah serta kuning dan biru yang disebut bendera pro-kemerdekaan Catalonia. Wilayah di Spanyol sisi timur laut itu populer bakal wisata pantai serta ibukotanya, Barcelona.

Tindakan ini di gelar pada Minggu (11/9), pas waktu peringatan hari nasional lokasi itu, atau yang umum disebut sebagai 'Diada' yang menandai penaklukan Barcelona oleh Raja Spanyol Philip V pada th. 1714 silam. Ada kira-kira 7, 5 juta jiwa yang tinggal di lokasi Catalonia.

Warga mengadakan aksi ini di Barcelona serta empat kota yang lain di Catalonia, untuk menghimpit pemimpin pro-kemerdekaan Catalonia untuk menyatu serta menjadikan satu ketidaksamaan buat memuluskan gagasan memerdekakan diri dari Spanyol.

 " Berikut peristiwa pas untuk menyatu untuk 'Iya' untuk Republik Catalan. Kami tak sabar, " tegas Ketua Dewan Nasional Catalan, Jordi Sanchez, dalam tindakan memprotes di dekat gedung parlemen setempat. Dewan Nasional Catalan adalah organisasi pro-kemerdekaan yang mengadakan tindakan ini.

Kelompok separatis atau pro-kemerdekaan sudah berusaha sepanjang bertahun-tahun untuk memperoleh persetujuan pemerintah pusat Spanyol untuk mengadakan referendum kemerdekaan, seperti yang pernah di gelar di Skotlandia th. 2014 lantas, yang pada akhirnya berbuntut 'tidak' akan memisahkan diri dari Inggris.

Gerakan memerdekakan diri nampak di Catalonia sesudah pembatasan otonomi untuk lokasi ini mulai sejak akhir tahun 1970-an sesudah kepemimpinan otoriter Perdana Menteri Francisco Franco. Keadaan perekonomian Spanyol yang alami penurunan makin jadi parah kondisi di Catalonia. Banyak warga yang emosi lantaran mesti membayar pajak pada pemerintah pusat di Madrid, untuk mensubsidi lokasi yang lebih miskin.

Mulai sejak tahun 2012, unjuk rasa besar-besaran sejenis ini di gelar di lokasi Catalonia tiap-tiap tahunnya, pas waktu hari nasional mereka pada 11 September. Seruan memerdekakan diri makin menguat sesudah politikus-politikus dari partai pro-kemerdekaan kuasai parlemen daerah Catalonia untuk pertama kalinya, mulai sejak th. lantas. Mereka memiliki rencana meraih kemerdekaan Catalonia pada pertengahan th. 2017 mendatang.

sumber: kabar-online.tk
KABAR VIRAL HARI INI...!!!! Tuntut Merdeka, 800.000 Warga Catalonia Penuhi Jalanan Kota Barcelona .. TOLONG BANTU SHARE KE SOSMED MU KABAR VIRAL HARI INI...!!!! Tuntut Merdeka, 800.000 Warga Catalonia Penuhi Jalanan Kota Barcelona .. TOLONG BANTU SHARE KE SOSMED MU Reviewed by Unknown on 22.39 Rating: 5