TAHUKAH ANDA...!!! FAKTA MENGEJUTKAN, PEROKOK DI INDONESIA RUGI RP 378 TRILIUN PER TAHUN


Masalah rokok tidak hanya beresiko pada kesehatan, tetapi juga permasalahan ekonomi. Berdasar pada beberapa penelitian, perokok di Indonesia mengalami kerugian ekonomi yang sangat besar.

Demikian diungkap oleh Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta, melalui siaran pers yang di kirim Direktur Utamanya, Dr. Mohammad Ali Toha, MARS pada hidayatullah. com, Rabu malam, 26 Sya’ban 1437 (01/06/2016).

Dalam launching itu, RSUP Persahabatan membuka lima rangkuman terkait dampak rokok. Pertama, merokok begitu berbahaya untuk kesehatan diri sendiri dan orang sekitarnya.

Ke dua, biaya pengobatan penyakit terkait rokok yaitu sangat besar.

“Ketiga, kehilangan nilai ekonomis perokok di Indonesia mencapai Rp 378, 7 triliun per tahun, ” sebutnya.

Lalu, RSUP itu juga menyimpulkan, perlindungan anak dari propaganda rokok masih lemah.

“Generasi muda jadi tujuan iklan perusahaan rokok untuk menjaga usaha mereka, ” sekian bunyi kesimpulan terakhir.

Dijelaskan, rangkuman itu salah satunya dilandasi data dari Peneliti Tubuh Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan, Nunik Kusumawardani.

Dalam riset Balitbangkes, masihlah menurut RSUP Persahabatan, tersingkap kalau kerugian secara ekonomis atas kebiasaan merokok sebesar Rp 378, 7 triliun per th..

Perhitungan itu mencakup cost penyembuhan penyakit akibat rokok, berbelanja rokok orang-orang Indonesia, serta kehilangan produktivitas akibat penyakit berkaitan rokok.

Kesimpulan itu juga atas dasar pertimbangan hasil dari 11 riset ilmiah yang dikerjakan di RSUP Persahabatan mengenai dampak buruk rokok untuk kesehatan.

Menanggapi kenyataan itu, pihak RSUP ini mengakui lakukan berbagai tindakan. Salah satunya dengan mensupport program Tobacco Free (Bebas Tembakau). Seperti di ketahui, setiap tanggal 31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau se-Dunia.

sumber:http://www.beritaislam24h.com/2016/06/fakta-mengejutkan-perokok-di-indonesia.html
TAHUKAH ANDA...!!! FAKTA MENGEJUTKAN, PEROKOK DI INDONESIA RUGI RP 378 TRILIUN PER TAHUN TAHUKAH ANDA...!!! FAKTA MENGEJUTKAN, PEROKOK DI INDONESIA RUGI RP 378 TRILIUN PER TAHUN Reviewed by Unknown on 15.57 Rating: 5