BERITA POPULER.....!!! Ingin Lihat Galaksi Bima Sakti? Ayo, Matikan Lampu 6 Agustus 2016,, SILAHKAN BAGIKAN KE SEMUA MEDIA SOSIAL



Menginginkan menyaksikan indahnya Galaksi Bima Sakti dengan beberapa ratus miliar bintang di dalamnya? Langkahnya mudah, matikan saja lampu di malam hari jam 20. 00-21. 00 WIB, Sabtu (6/8/2016). Ajakan mematikan lampu sepanjang satu jam itu diinisiasi oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Negara (LAPAN) dalam kampanye 'Malam Langit Gelap atau Dark Sky Night'.

 " LAPAN mencanangkan 'Malam Langit Gelap' untuk memperingati Hari Keantariksaan serta bangun kesadaran umum, " ujar Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin dalam jumpa pers Hari Gerakan Malam Langit Gelap atau Dark Sky Night di Kantor LAPAN, Jalan Pemuda 1, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (5/8/2016).

Kampanye Malam Langit Gelap diserukan setiap 6 Agustus pukul 20. 00-21. 00 saat setempat di semua Indonesia. Gerakan ini untuk bangun kesadaran umum mengenai utamanya menyelamatkan malam dari polusi hawa yang menyita keindahan malam.

Menurut Thomas, dengan mematikan lampu jadi bakal terlihat Galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliaran bintang yang membentang dari utara ke selatan. Rasi Angsa (Cygnus) dengan Segitiga Musim Panas (Summer Triangle), tiga bintang jelas di sekitar Rasi Angsa yaitu Vega, Deneb serta Altair bakal tampak di langit utara. Sedang di langit selatan, bakal tampak Rasi Layang-layang (Crux) yang umum dipakai sebagai penunjuk arah selatan. Demikian juga rasi Kalajengking (Scorpio) dengan bintang jelas Antares persis di atas kepala.

Thomas menambahkan, panorama itu saat ini telah langka di banyak perkotaan dunia lantaran makin parahnya polusi sinar. Polusi yang disebut bertaburannya sinar lampu perkotaan yang menyebabkan langit terlihat terang hingga menaklukkan sinar bintang. Miliaran gugus bintang yang redup seperti Sungai Perak atau Gingga (arti dari Jepang), Jalur Susu atau Milky Way (Inggris) atau Selendangnya Bima Sakti (nama galaksi kita dalam bhs Indonesia), yang seolah menghilang dari pandangan lantaran kalah oleh polusi sinar itu.

 " Kampanye ini bertujuan untuk bangun kesadaran umum mengenai pentingnya menyelamatkan malam dari polisi sinar yang sudah mengambil alih keindahan langit malam. Tindakan mematikan lampu itu untuk meminimalkan polusi sinar sepanjang satu jam, sekalian kampanye hemat energi, " tambah Thomas.

 6 Agustus Diputuskan Sebagai Hari Keantariksaan (Fida/detikcom)
Sedang sebagai tindak lanjut pencanangan Hari Keantariksaan, LAPAN sudah mengusulkan pada pemerintah untuk jadikan lokasi spesifik sebagai lokasi bebas polusi cahaya. LAPAN mengusulkan Kupang, Nusa Tenggara Timur, jadi lokasi Observatorium Nasional.

Dengan keadaan cuaca yang kering sangat mungkin malam cerah paling banyak berlangsung di lokasi itu. Posisi Indonesia yang terdapat di lokasi ekuator begitu untungkan untuk mengamati langit utara serta selatan, tak seperti di lokasi negara yang lain.

 " Beberapa pecinta astronomi bisa menikmati taburan jutaan bintang dengan leluasa, " papar Thomas.

Hari ini LAPAN juga meluncurkan e-Book The Eclipse Gerhana Matahari Keseluruhan 9 Maret 2016. Peluncuran itu adalah rangkaian kegiatan serta hasil penilaian dari Tim GMT Nasional yang akan menjadi dokumentasi dari perjalanan gerhana matahari tersebut .
 (detik. com)

sumber: http://www.berita24.online/2016/08/ingin-lihat-galaksi-bima-sakti-ayo.html
BERITA POPULER.....!!! Ingin Lihat Galaksi Bima Sakti? Ayo, Matikan Lampu 6 Agustus 2016,, SILAHKAN BAGIKAN KE SEMUA MEDIA SOSIAL BERITA POPULER.....!!! Ingin Lihat Galaksi Bima Sakti? Ayo, Matikan Lampu 6 Agustus 2016,, SILAHKAN BAGIKAN KE SEMUA MEDIA SOSIAL Reviewed by Unknown on 08.02 Rating: 5